Category Archives: Berita

Pandemi COVID-19

Berita menyebarnya wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona telah sampai ke Indonesia. Kondisi darurat virus corona telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Dampaknya mulai tanggal 16 Maret 2020, perguruan tinggi telah meliburkan mahasiswanya, sementara sekolah mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA pun telah meliburkan siswanya selama 14 hari. Mengapa 14 hari ?

Inilah yang menarik untuk ditanyakan, karena penetapan libur selama 14 hari kebanyakan orang awam tidak mengetahui.
Mengapa 14 hari dan untuk apa, maklum himbauan itu tanpa disertai penjelasan yg memadai.
14 hari itu sangat penting dan harus disertai tindakan kepatuhan.
14 hari itu mampu menghentikan laju penularan Covid-19.
14 hari itu mampu menyelamatkan ribuan orang.
Mengapa?

Penjelasannya demikian:
-Ketika seseorang kontak dgn apapun yg bisa menginfeksinya dgn Covid-19, maka harus ditunggu 14 hari minimal, jika tidak terjadi apa2, maka orang itu aman.
-Libur 14 hari untuk memotong rantai penularan, ini baru akan berhasil jika semua orang tetap tinggal di rumah masing2 selama 14 hari itu, kenapa?
Contoh, seorang anak mulai libur tgl 16 Maret selama 14 hari, dia akan masuk sekolah lagi pd hari ke-15. Ternyata anak ini dan keluarganya menggunakan waktu libur itu untuk jalan2, mengunjungi kumpulan orang, atau ketempat saudara, ke mall dll, seandainya dia jalan2 di hari ke 10 dan terlular Covid-19 di tempat yg ia kunjungi, mungkin pada hari ke 14/15 belum ada tanda2 dia sakit, tetapi dia sudah membawa Covid-19 di tubuhnya dan berpotensi menularkan, andai dia masuk sekolah pada hari ke 15 dst. Maka 14 hari libur sekolahnya itu, tidak ada gunanya, penularan terjadi juga di sekolah, efek domino akan berlangsung, rantai penularan tidak terputus.
Untuk itu, semua orang harus bekerjasama, semua warga Indonesia harus membantu, warga harus kompak, yaitu patuh untuk tidak kemana-mana dalam 14 hari itu kecuali untuk hal yang sangat perlu.
Waktu 14 hari itu, berguna untuk saling pantau, jika ada orang yang menunjukkan gejala2 menderita serangan Covid-19, bisa segera ditangani dan penularan stop hanya pada dia, karena dia tidak kontak dgn orang lain dalam 14 hari itu. Jadi, mari kita mengisolasi diri, untuk diri sendiri dan orang lain, mungkin pula dalam skala besar untuk umat manusia.

Mohon jelaskan kepada orang lain, supaya semua patuh dan pemerintah terbantu untuk stop penularan Covid-19, jika tidak, maka 14 hari libur itu percuma, 14 tahun pun tak bisa stop penularan.

Semoga kondisi dunia segera pulih.

Undip Tuan Rumah KRI Regional III 2016

SEMARANG, suaramerdeka.com – Undip menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III besok 21-23 April 2016. KRI akan diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar di Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Mereka adalah tim yang telah lolos dari seleksi tahap I dan tahap II.

undip-tuan-rumah-kontes-robot-indonesiaundip_20160310_175535 Robot1-400x241

“Seleksi pada level regional akan dilaksanakan pada 4 tempat, Regional I yang meliputi Sumatera dan sekitarnya. Regional II meliputi daerah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sementara regional III meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan. Terakhir regional IV meliputi Jawa Timur, Bali dan sekitarnya,” tutur Ketua Pelaksana KRI Dr Abdul Syakur.

Tahun sebelumnya, kegiatan KRI dilaksanakan oleh Ditjen Dikti dibawah Kemendikbud. Namun mulai tahun 2016 sejak penggabungan dua kementrian, maka kegiatan KRI diselenggarakan dibawah Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) dibawah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa).

Pembantu Rektor Undip Budi Setyono menambahkan Kontes di UNDIP akan dilaksanakan di Auditorium Imam Bardjo, Kampus Pleburan sebagai arena lomba. Sebanyak 30 perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di wilayah regional III akan hadir dalam kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan tersebut. Ini juga untuk memperoleh tiket ke KRI tingkat Nasional yang akan diselenggarakan tanggal 1 – 6 Juni 2016 di PENS Surabaya.

Berita KRI Regional III ada di sini :

  1. Undip Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia
  2. Undip Siapkan Lima Tim dalam Kontes Robot Indonesia
  3. Puluhan Robot Akan Bertanding Sepak Bola dan Menari di Undip
  4. Undip Tuan Rumah Kontes Robot Regional 2016

Fak Teknik : Pelatihan PKMGT Bidik Misi 2015

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro penerima beasiswa Bidik Misi tahun 2015 diperkenalkan dengan salah satu kegiatan unggulan mahasiswa yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Mereka akan diberikan wawasan mengenai PKM 5 Bidang dan PKMKT (Karya Tulis) meliputi PKMGT (Gagasan Tertulis) dan PKMAI (Artikel Ilmiah).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi lebih awal kepada Mahasiswa Fakultas Teknik penerima beasiswa Bidik Misi 2015, agar di masa yang akan datang sudah lebih siap dalam menyusun Proposal PKM.

Kegiatan Pelatihan PKMGT Mahasiswa Bidik Misi ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 12 Desember 2015 mulai pagi jam 08.00 hingga sore hari jam 16.00. Salah satu pembicara yang akan mengisi kegiatan ini adalah Dr. Abdul Syakur, ST. MT. (Staf Ahli bidang Kemahasiswaan Undip tahun 2011 – 2014) akan menyampaikan materi mengenai Pengenalan PKM 5 Bidang dan PKM KT.

“Beberapa tahun terkahir ini, PKM Undip mengalami kenaikan yang signifkan, sejak tahun 2012. Waktu itu PKM Undip yang lolos didanai Dikti mencapai 242 proposal PKM dan berhasil mengirimkan Tim PKM ke PIMNAS 25 di UNY Yogyakarta tahun 2012 sejumlah 17 tim PKM. Tahun-tahun berikutnya, perolehan medali Emas, salah satunya selalu disumbang dari Tim PKM Mahasiswa Teknik, disusul Tim PKM dari Fakultas KesMas dan Fakultas Sain Matematik ” demikian tutur Abdul Syakur.

===> selanjutnya……

Pelatihan Penyusunan Proposal PKMGT dan PKMAI

Untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal PKMGT dan PKMAI, akan dilaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal PKMGT dan PKMAI pada Minggu Senin, 29 – 30 Nopember 2015 bertempat di Hotel Graha Wahid Salatiga.

PKMGTAI

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Prof Amin (UNNES) yang memiliki pengalaman sebagai reviewer PKM dan juri PIMNAS, akan menyampaikan materi mengenai Sistem Penilaian PKMGT dan PKMAI, Trik dan Strategi Lolos PIMNAS. Pembicara berikutnya adalah Ngadiwiyana, S.Si., M.Si menyampaikan materi mengenai Gagasan untuk membuat proposal PKMGT dan PKMAI.

Materi tata tulis PKMGT dan PKMAI akan disampaikan oleh Drs Mujid F Amin, M.Pd dan pembicara terakhir Dr. Abdul Syakur, ST. MT. dengan materi Tata cara konversi file doc ke file pdf dan Mengunggah File ke Simlitabmas.

Jumlah peserta pelatihan 100 mahasiswa mewakili seluruh fakultas yang ada. Setelah kegiatan pelatihan ini, diharapkan para mahasiswa semakin mahir dalam membuat PKMGT dan PKMAI sesuai panduan PKM 2015 hingga berhasil mengunggah ke web simlitabmas.

Setelah materi pelatihan disampaikan, seluruh peserta diwajibkan untuk membuat draft proposal PKMGT. Foto bersama seluruh peserta kegiatan pelatihan dengan panitia dan pembicara.

 

Selamat Membaca

Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatuh

Alhamdulillah segala puja dan puji hanyalah milik Allohu Robbul ‘Aalamiin yang telah memelihara semua mahlukNya dengan mencukupkan mahlukNya dengan kasih sayangNya.

Sholawat dan salam senantiasa tercurah untuk nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya. Semoga kita sebagai umatnya, memperoleh syafaat kelak di hari kiamat.

Para pembaca yang budiman, Blog pribadi ini berisi informasi mengenai dunia kelistrikan, dunia petir, dunia kemahasiswaan, karya seni juga informasi mengenai materi perkuliahan.

Semoga informasi yang ada dalam blog ini bermanfaat sesuai dengan yang Anda butuhkan.

 

Salam,

Abdul Syakur.

Selamat Berjumpa

Terima kasih, Anda telah mengunjungi blog pribadi saya.