Undip terima Kunjungan Kerja UNS, Sharing Pengelolaan PKM dan Alumni

Semarang, Undip menerima kunjungan kerja UNS Surakarta yang dipimpin Prof. Dr Ir Darsono, M.Si selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni beserta jajarannya yaitu Wakil Dekan III Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik dan Fakultas Olahraga, Kepala Biro, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Ketua UPK, Sekjen IKA UNS pada hari Jumat, 8 Februari 2019.
Rombongan UNS diterima Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA beserta jajaran di ruang Quality Hall Undip. Hadir mendampingi Prof Zain yaitu Direktur dan Wakil Direktur Kemahasiswaan, Direktur dan Wakil Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan, Kepala bagian Minat Penalaran dan Informasi Kemahasiswaan, Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa, serta perwakilan mahasiswa dari BEM dan SEMA Undip.

Wakil Rektor Undip Prof Moh Zainuri menyerahkan Plakat kenang-kenangan

Dalam acara sambutan, Prof Zain menyampaikan selamat datang ke kampus Undip Tembalang. Undip terbuka menerima kunjungan dari UNS untuk sharing berbagai hal khususnya terkait bidang kemahasiswaan dan alumni. Kegiatan mahasiswa Undip meliputi kegiatan kelembagaan, kegiatan prestatif seperti PIMNAS, PILMAPRES, Olimpiade Nasional MIPA; kegiatan rutin mahasiswa dan kegiatan Kesejahteraan Mahasiswa seperti Beasiswa dan berbagai layanan kesehatan, olah raga dan layanan rokhani.
Sementara itu, Wakil Rektor III UNS menjelaskan tujuan kunjungannya adalah untuk benchmarking bidang kemahasiswaan dan alumni mengingat tahun depan UNS menyongsong sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). UNS ingin mengetahui lebih jauh bagaimana strategi yang telah dilakukan UNDIP dalam mengelola kegiatan kemahasiswaan, mengelola Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) supaya PKM yang didanai Kemenristekdikti meningkat hingga dapat medali di PIMNAS, dan mengelola hubungan komunikasi dengan Alumni.
Acara diskusi yang dipandu oleh Direktur Kemahasiswaan Drs. Handoyo Djoko Walujo, M.Si bertambah gayeng saat ibu Dra. Dewi Handayani selaku Ketua UPK UNS menanyakan bagaimana bidang Kemahasiswaan dalam mengelola keuangan, SPJ mahasiswa, reward bagi dosen dan mahasiswa yang memperoleh prestasi di ajang PIMNAS.
Pada sesi diskusi pertanyaan terakhir dari Sekjen IKA UNS Bapak Bambang DW menanyakan kaitannya dengan dana abadi alumni, pengelolaan beasiswa dari alumni, dan kondisi perpolitikan saat ini terkait dengan dukungan alumni kepada pasangan capres cawapres.
Atas berbagai pertanyaan tersebut, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Zainuri menjelaskan bahwa untuk pengelolaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sudah terstruktur mulai dari tingkat Universitas hingga sampai ke Prodi, dengan memberdayakan Lembaga Kemahasiswaan tingkat Universitas, Fakultas hingga Prodi. Demikian juga dosen melakukan pendampingan untuk PKM tersebut. Ada tim khusus untuk melakukan pendampingan mulai dari pembuatan proposal PKM hingga sampai saat unggah proposal PKM ke Simlitabmas. Bagi Mahasiswa dan Dosen yang memperoleh medali di ajang PIMNAS, memperoleh hadiah cash berupa dana pembinaan prestasi dari UNDIP. Hadiah ini yang membuat dosen dan mahasiswa semakin termotivasi, apalagi PKM yang didanai dan lolos PIMNAS juga didaftarkan ke HAKI untuk memperoleh Paten Sederhana. Oleh karena itu Paten Sederhana Undip meningkat. Terkait usulan PIMNAS yang memperoleh medali emas dikonversi menjadi Tugas Akhir/Skripsi, sampai saat ini hal tersebut belum dilaksanakan, mengingat beberapa pertimbangan akademik salah satunya bahwa PKM itu melibatkan beberapa mahasiswa dengan semester yang berbeda-beda, dari prodi yang berbeda, kadang ada tim PKM dengan anggota dari Fakultas yang berbeda.
Prof Zainuri memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dengan dana abadi dan beasiswa alumni, di mana Prof Zainuri juga sebagai Ketua Pembina Yayasan Beasiswa Alumni Universitas Diponegoro (BAUD) bahwa saat ini para donatur alumni Undip sudah setor ke rekening yayasan selanjutnya pengelola memberikan ke 62 mahasiswa Undip yang menerima beasiswa. Direktur Alumni Drs Mujid F Amin menambahkan bahwa seleksi mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa dengan melibatkan peran BEM Undip dan Bagian Kesejahteraan Mahasiswa. Nama-nama mahasiswa yang lolos seleksi selanjutnya dikirim ke pengelola Beasiswa untuk mendapatkan beasiswa alumni. Untuk IKA Undip disampaikan oleh Wakil Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni, Dr. Abdul Syakur, ST., MT tidak ada Ika tandingan, hanya satu IKA saja yang diketuai oleh Maryono, SE. MM. yang juga menjabat sebagai Dirut BTN. Terkait dukungan terhadap pasangan Capres Cawapres, Undip sebagai lembaga pemerintah bersifat netral, demikian juga sikap IKA Undip. Jadi kalau ada alumni berkumpul lalu menyatakan dukungan terhadap Capres Cawapres itu bersifat individu masing-masing. Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Dra. Purnomo Pujiwati, M.Si menambahkan bahwa untuk kegiatan mahasiswa sudah dianggarkan sejak awal tahun, lalu untuk mencairkan dana kegiatan tersebut, setiap Organisasi Mahasiswa (Ormawa) BEM, Senat Mahasiswa, UKM membuat proposal kegiatan.

Foto bersama pimpinan Undipdengan jajaran tamu kunjungan kerja dari UNS

Acara diskusi diakhiri dengan saling memberi dan menerima plakat kenang-kenangan dan profil perguruan tinggi. UNDIP berharap langkah-langkah yang telah dilakukan dapat menginspirasi UNS dalam menyongsong sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum khususnya di bidang Kemahasiswaan dan Alumni. (ASY)

Undip Tuan Rumah KRI Regional III 2016

SEMARANG, suaramerdeka.com – Undip menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional III besok 21-23 April 2016. KRI akan diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar di Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Mereka adalah tim yang telah lolos dari seleksi tahap I dan tahap II.

undip-tuan-rumah-kontes-robot-indonesiaundip_20160310_175535 Robot1-400x241

“Seleksi pada level regional akan dilaksanakan pada 4 tempat, Regional I yang meliputi Sumatera dan sekitarnya. Regional II meliputi daerah DKI Jakarta dan sekitarnya. Sementara regional III meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta dan Kalimantan. Terakhir regional IV meliputi Jawa Timur, Bali dan sekitarnya,” tutur Ketua Pelaksana KRI Dr Abdul Syakur.

Tahun sebelumnya, kegiatan KRI dilaksanakan oleh Ditjen Dikti dibawah Kemendikbud. Namun mulai tahun 2016 sejak penggabungan dua kementrian, maka kegiatan KRI diselenggarakan dibawah Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) dibawah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditbelmawa).

Pembantu Rektor Undip Budi Setyono menambahkan Kontes di UNDIP akan dilaksanakan di Auditorium Imam Bardjo, Kampus Pleburan sebagai arena lomba. Sebanyak 30 perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di wilayah regional III akan hadir dalam kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan tersebut. Ini juga untuk memperoleh tiket ke KRI tingkat Nasional yang akan diselenggarakan tanggal 1 – 6 Juni 2016 di PENS Surabaya.

Berita KRI Regional III ada di sini :

  1. Undip Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia
  2. Undip Siapkan Lima Tim dalam Kontes Robot Indonesia
  3. Puluhan Robot Akan Bertanding Sepak Bola dan Menari di Undip
  4. Undip Tuan Rumah Kontes Robot Regional 2016

Fak Teknik : Pelatihan PKMGT Bidik Misi 2015

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro penerima beasiswa Bidik Misi tahun 2015 diperkenalkan dengan salah satu kegiatan unggulan mahasiswa yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Mereka akan diberikan wawasan mengenai PKM 5 Bidang dan PKMKT (Karya Tulis) meliputi PKMGT (Gagasan Tertulis) dan PKMAI (Artikel Ilmiah).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi lebih awal kepada Mahasiswa Fakultas Teknik penerima beasiswa Bidik Misi 2015, agar di masa yang akan datang sudah lebih siap dalam menyusun Proposal PKM.

Kegiatan Pelatihan PKMGT Mahasiswa Bidik Misi ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 12 Desember 2015 mulai pagi jam 08.00 hingga sore hari jam 16.00. Salah satu pembicara yang akan mengisi kegiatan ini adalah Dr. Abdul Syakur, ST. MT. (Staf Ahli bidang Kemahasiswaan Undip tahun 2011 – 2014) akan menyampaikan materi mengenai Pengenalan PKM 5 Bidang dan PKM KT.

“Beberapa tahun terkahir ini, PKM Undip mengalami kenaikan yang signifkan, sejak tahun 2012. Waktu itu PKM Undip yang lolos didanai Dikti mencapai 242 proposal PKM dan berhasil mengirimkan Tim PKM ke PIMNAS 25 di UNY Yogyakarta tahun 2012 sejumlah 17 tim PKM. Tahun-tahun berikutnya, perolehan medali Emas, salah satunya selalu disumbang dari Tim PKM Mahasiswa Teknik, disusul Tim PKM dari Fakultas KesMas dan Fakultas Sain Matematik ” demikian tutur Abdul Syakur.

===> selanjutnya……

Pelatihan Penyusunan Proposal PKMGT dan PKMAI

Untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal PKMGT dan PKMAI, akan dilaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal PKMGT dan PKMAI pada Minggu Senin, 29 – 30 Nopember 2015 bertempat di Hotel Graha Wahid Salatiga.

PKMGTAI

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut Prof Amin (UNNES) yang memiliki pengalaman sebagai reviewer PKM dan juri PIMNAS, akan menyampaikan materi mengenai Sistem Penilaian PKMGT dan PKMAI, Trik dan Strategi Lolos PIMNAS. Pembicara berikutnya adalah Ngadiwiyana, S.Si., M.Si menyampaikan materi mengenai Gagasan untuk membuat proposal PKMGT dan PKMAI.

Materi tata tulis PKMGT dan PKMAI akan disampaikan oleh Drs Mujid F Amin, M.Pd dan pembicara terakhir Dr. Abdul Syakur, ST. MT. dengan materi Tata cara konversi file doc ke file pdf dan Mengunggah File ke Simlitabmas.

Jumlah peserta pelatihan 100 mahasiswa mewakili seluruh fakultas yang ada. Setelah kegiatan pelatihan ini, diharapkan para mahasiswa semakin mahir dalam membuat PKMGT dan PKMAI sesuai panduan PKM 2015 hingga berhasil mengunggah ke web simlitabmas.

Setelah materi pelatihan disampaikan, seluruh peserta diwajibkan untuk membuat draft proposal PKMGT. Foto bersama seluruh peserta kegiatan pelatihan dengan panitia dan pembicara.

 

Memulai Membuat PKM

Syakur PKM

Berdasarkan waktu mengunggah proposal PKM ke Simlitabmas Dikti, ada dua kelompok PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yaitu : PKM 5 Bidang biasanya diunggah pada bulan Oktober dan PKM KT diunggah pada bulan Januari.

PKM 5 Bidang meliputi PKMP (Penelitian), PKMT (Penerapan Teknologi), PKMM (Pengabdian Masyarakat), PKMK (Kewirausahaan) dan PKMKC (Karsa Cipta).

PKM KT (Karya Tulis) ada dua jenis yaitu PKMGT (Gagasan Tertulis) dan PKM AI (Artikel Ilmiah).

Berdasarkan keikutsertaan dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional), PKM dikelompokkan menjadi dua, yaitu PKM yang dikompetisikan di PIMNAS (PKMP, PKMT, PKMM, PKMK, PKMKC dan PKMGT) dan PKM yang tidak dikompetisikan di acara PIMNAS (PKM AI).

Bagaimana memulai membuat proposal PKM  ?

Selamat Membaca

Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatuh

Alhamdulillah segala puja dan puji hanyalah milik Allohu Robbul ‘Aalamiin yang telah memelihara semua mahlukNya dengan mencukupkan mahlukNya dengan kasih sayangNya.

Sholawat dan salam senantiasa tercurah untuk nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya. Semoga kita sebagai umatnya, memperoleh syafaat kelak di hari kiamat.

Para pembaca yang budiman, Blog pribadi ini berisi informasi mengenai dunia kelistrikan, dunia petir, dunia kemahasiswaan, karya seni juga informasi mengenai materi perkuliahan.

Semoga informasi yang ada dalam blog ini bermanfaat sesuai dengan yang Anda butuhkan.

 

Salam,

Abdul Syakur.

Selamat Berjumpa

Terima kasih, Anda telah mengunjungi blog pribadi saya.